Review Buku How The Brain Learn

Working Memory

Dalam buku berjudul "How the Brain Learn" Chapter 3 dibahas mengenai Cara Kerja Memori Otak. 
Memori kerja otak kita disebut juga ingatan sementara, yaitu tempat dimana pada umumnya otak berproses dalam keadaan sadar dibandingkan dengan keadaan di bawah alam sadar. Ketika sesuatu informasi berada di memori kerja otak, maka kita akan fokus pada informasi tersebut dan menghabiskan seluruh perhatian kita pada informasi tersebut. Informasi yang berada pada memori kerja biasanya berasal dari panca indera atau yang berhubungan dengan long term memory.
Fungsi memori kerja kita ada 3, yaitu Phonological loop, central control mechanism dan visuospatial sketchpad. ketiga fungsi ini bekerja saat pendengaran dan penglihatan terjadi selama pembelajaran sehingga akan meningkatkan interaksi antara memori kerja dan long term memory seseorang.

Kapasitas memori kerja kita menurut Miller (1956) bergantung pada usia seseorang.

Perkiraan rentang usia dalam tahun


Kapasitas dari memori kerja dalam nomor


Minimal
Maksimal
Rata-rata
Lebih muda dari 5


1
3
2
Antara 5 dan 14


3
7
5
14 keatas


5
9
7

Implikasi untuk mengajar.
Guru harus melihat seberapa banyak kapasitas memori yang mungkin dapat meningkatkan kemampuan mengingat siswa dari apa yang dipelajarinya. (Less is more better!)
Batas Waktu Memori Kerja Otak.
Memori kerja bersifat sementara dan dapat dilakukan dengan suatu hal hanya untuk waktu yang terbatas.
Berdasarkan penelitian Hermann Ebbinghaus (1850-1909) menyatakan bahwa proses kerja memori (memori jangka pendek) paling lama adalah 45 menit. Penelitian ini dilakukan oleh dirinya sendiri sebagai subjek untuk mengukur ingatan, karena tidak memungkinkan untuk meneliti di kelas
 
Penelitian yang lain menyatakan bahwa motivasi berperan dalam batas waktu untuk memproses pengetahuan baru dalam memori kerja. Hal ini dikarenakan motivasi adalah suatu respon emosional, dimana emosi memiliki peranan penting dalam attantion and learnings. 
Peter Russell (1979) menyatakan bahwa batas waktu untuk memori kerja lebih pendek dan tergantung usia. Menurutnya, masa remaja (dewasa) normalnya akan memproses suatu hal di memori kerja pada 10-20 menit sebelum lupa atau sebelum bosan dengan hal yang terjadi dan mengganggu fokus kita. Agar fokusnya berlanjut, harus ada yang diubah, contohnya seseorang bisa mengganti pikiran tentang hal tersebut menjadi sesuatu yang dilakukan.

Implikasi untuk mengajar 
Waktu belajar efisien berada pada rentang 15 sampai 20 menit agar hasilnya dapat membuat siswa lebih berminat dalam belajar dibandingkan pada rentang waktu 40 menit atau lebih. (Shorter is better!)


Pembahasan mengenai memori kerja otak sangat menarik bukan? Pembelajaran ini bisa dijadikan sebagai bahan referensi atau sumber pengetahuan yang sangat berguna untuk kita lebih mengkaji lagi anugrah yang Allah berikan kepada kita, yaitu otak. Semoga kita bisa lebih bersyukur dan bisa memaksimalkan pemberian yang Maha Kuasa ini untuk kehidupan yang akan datang. Untuk lebih lengkapnya kalian bisa mengunduh versi power point yang telah dibuat penulis di slide share. Link download : Working Memory

Jangan lupa untuk berikan komentar maupun saran kalian terkait ulasan ini ya... Terimakasih :)
Semoga bermanfaat :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Learning Chemistry In Home (Why Not?)

About Me