Review Jurnal Flipped Classroom
Kali ini saya ingin memposting mengenai review jurnal mengenai pembelajaran dengan flipped classroom yang dimuat oleh Jessica M. Fautch.
Berikut adalah identitas jurnalnya.
- JUDUL : The flipped classroom for teaching organic chemistry in small classes: is it effective?
- Terjemahan : Flipped Classroom untuk Mengajar Kimia Organik di Kelas Kecil. Apakah efektif ?
- VOLUME : 16
- JURNAL : CHEMISTRY EDUCATION RESEARCH AND PRACTICE
- PENERBIT : THE ROYAL SOCIETY OF CHEMISTRY
- TAHUN : 2014
- PENULIS : Jessica M. Fautch
- HALAMAN : 179-186
ABSTRAK
Flipped
Classroom
adalah pendekatan pedagogis yang
memindahkan konten mata pelajaran dari ruang kelas ke pekerjaan rumah, dan menggunakan waktu di kelas untuk melibatkan siswa dengan kegiatan dan pemecahan masalah yang
dituntun oleh
guru. Konten mata kuliah di tingkat dua mahasiswa
Kimia Organik I ditugaskan sebagai pekerjaan rumah menggunakan
video ceramah, diikuti dengan kuis
online singkat. Di
kelas, miskonsepsi mahasiswa dapat ditangani. Konsep dari
video ceramah yang
diterapkan untuk memberikan masalah, dan siswa ditantang untuk berpikir di luar contoh yang
diberikan. Para
mahasiswa menunjukkan peningkatan pemahaman materi dan tampaknya juga meningkatkan kinerja mereka pada penilaian sumatif (ujian). Para
mahasiswa melaporkan bahwa mereka merasa lebih nyaman dengan materi kimia organik, dan merasa bersemangat terhadap materi. Selain menjadi alat yang
efektif untuk mengajar
Kimia Organik I di
sebuah perguruan tinggi kecil, membalik kelas kimia organik dapat membantu mahasiswa lebih merasa memiliki pembelajaran mereka.
Menarik bukan? Bila kalian tertarik dengan review jurnal tersebut, kalian bisa unduh power pointnya di link berikut : Review Jurnal Flipped Classroom
Jangan lupa jika kalian berkenan untuk mengomentari atau memberikan saran yang membangun, kalian bisa contact saya di email rikaafrita25@gmail.com
Terimakasih.
Semoga bermanfaat :)
Komentar
Posting Komentar